Top Ten Movies I Watched in 2013

10. Mama (2013)

Director: Andres Muschietti
Starring: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau

Produksi Del Toro yang satu ini mungkin bukan yang terbaik, melihat project besarnya tahun ini adalah menyutradarai Pacific Rim. 'Mama' adalah horor dengan sentuhan khas, jauh berbeda dengan pesaingnya tahun ini yakni The Conjuring dan Insidious 2. 'Mama' lebih memosisikan dirinya pada plot, dan itulah yang menyebabkan film ini tidak sempurna. Andres Muschietti terus menerus nyoba buat uncover siapa sih Mama itu, dan menyisakan kekosongan pada karakter lain seperti Annabel dan Lucas. Dan, yeah. Banyak poin dimana film ini harus menjelaskan dirinya sendiri. It's kinda bad. Tapi, harus gua akui, tiap kemunculan Mama bikin mata gua lari tunggang langgang ke belakang. Serem banget men.




9. The Mist (2007)
Director: Frank Darabont
Starring: Thomas Jane, Marcia Gay Harden

Dengan trailer yang menjanjikan, harus gua akui The Mist ngga mengecewakan. Reputasi Frank Darabont sebagai sutradara Shawshank Redemption hampir 20 tahun lalu masih terasa. Yang bikin 'api' dari film ini adalah penampilan Marcia Gay Harden sebagai fundamentalist garis keras. Bagaimana dia membawa orang-orang ke dalam mindsetnya di bawah banyak tekanan merupakan nilai plus buat film pencacah emosi ini. Mungkin bagi yang sudah membaca novelnya akan mengantisipasi ending yang tajam dari film ini. Tapi bagi saya yang belum -- ending film ini bikin saya pengen bunuh diri.





8. Grown-Ups (2010)
Director: Dennis Dugan
Starring: Adam Sandler, Salma Hayek, Chris Rock

Personally, gua suka sama film ini. Mungkin banyak film komedi yang saking cheesy sampe lu mau muntah -- tapi bukan film ini bos. Sepanjang film ini dipompa sama lawakan lima mantan pemain basket di SMP yang reunian setelah mereka dewasa dan punya anak. Dan ngga cuma itu aja, Grown Ups juga punya pesan moral yang bagus di akhir ceritanya. Adam Sandler sama Chris Rock keren banget. Rob Schneider jugak. Pokoknya kalo lu mau nanya film apa yang cocok ditonton bareng temen-temen, ini filmnya.






7. Brazil (1985)
Director: Terry Gilliam
Starring: Jonathan Pryce, Robert De Niro, Kim Greist

Ada yang udah baca '1984' nya George Orwell? Brazil adalah salah satu manifestasi terdekatnya -- sebuah masa depan distopia dimana kehancuran dan korupsi menguasai negara. Kalo '1984' punya Ministry of Truth, disini Terry Gilliam ngasih Ministry of Information sebagai sumber kebusukan pemerintah. Kita juga kagum ngeliat bagaimana imajinasi orang-orang tahun 1980-an tentang masa depan. Begitu gelap, begitu mengerikan. Bisa dibilang film ini bikin gua kagum banget, banyak visualisasi unik dan metafor yang dimasukin ke dalam film ini. Adegan paling keren? Pas di Information Retrieval -- wajib di tonton.



6. Le Fabuleux Destin d'Amelie Poulain (2001)
Director: Jean Pierre Jeunet
Starring: Audrey Tatou, Mathiue Kossovitz

Satu kata buat film ini: imut. Mungkin Amelie cuma cewek biasa yang tinggal di flat di Paris, tapi dia punya niat buat ngebahagiain orang. Adegan-adegan lucu juga bertebaran di film ini, ditambah sama soundtrack Yann Tiersen yang bikin menrinding dangdut tiap disetel. Yang buat film ini unik lagi adalah warna pastel yang mendominasi -- screenplay-nya bener-bener puitis bos. Mungkin jarang gua nonton film-film eropa, tapi film ini membuat gua percaya sutradara film di sana artistik semua. Oiya, belum gua bilang betapa lucunya Audrey Tatou disini? Pengen gua jadiin gantungan kunci deh.




5. Big Fish (2003)
Director: Tim Burton
Starring: Ewan McGregor, Albert Finney, Helena Bonham-Carter

Jarang banget ngga sih paduan antara film fantasi sama motivasi? Big Fish adalah salah satu contoh langkanya bro. Mungkin kita agak bingung dengan di beberapa menit awal, tapi kita akan dikejutkan di menit-menit selanjutnya bagaimana jatuh-bangun Ewan McGregor dalam hidupnya. Kalo lo lagi mellow gimana gitu, film ini akan buat lo nangis kejer. Kalo lo lagi happy, film ini akan buat lo nangis kejer juga. Sama aja. Pokoknya ini adalah salah satu karya Tim Burton yang finest. Entah kenapa beliau berubah akhir-akhir ini. Oiya, Ewan McGregor juga keren lho aktingnya! Akhir kata, kalo lo lagi kangen nangis, niscaya tangis itu akan di dekatkan. Hiks.




4. Flipped (2010)
Director: Rob Reiner
Starring: Madeline Carrol, Callan McAuliffe, Rebecca DeMonray

Hoho, cinta pas jaman sekolah emang paling bikin geregetan. Buat jomblo yang nonton ini, hati-hati ya! Sayang banget gua ngga baca bukunya dulu daripada filmnya, tapi toh menurut gua filmnya merupakan adaptasi yang bagus kok. Nonton film ini serasa naik rollercoaster perasaan, serasa jadi si Callan McAuliffenya. Sukak. Enggak. Sukak. Enggak. Tiba-tiba kita dibawa emosi sama si tokoh utama, abis itu dibawa seneng, eh, abis itu dibawa nangis. Ini adalah salah satu film yang membuat relung hati gua tersentuh ahay. Pokoknya gua saranin, jangan plin-plan kalo nonton ini!





3. Kill Bill v1 & v2 (2003-2004)
Director: Quentin Tarantino
Starring: Uma Thurman, David Carradine, Lucy Liu

Sebagai pecinta film Tarantino dan aktris Uma Thurman, gua nonton film dengan nikmat. Ada Lucy Liu-nya jugak? Ohohoho keren beud. Siapa yang bakal ngelupain lautan darah pas Uma berantem di restoran? Atau pencabutan mata si Daryl Hannah? Jurus Five Palm Exploding Heart ? Ngga bakal ada yang lupak. Tensi film ini cuma turun pas gua ke kamar mandi bos, yakni filmnya di pause. High-octane banget, berantemnya asik, ceritanya seru. Sayang, Tarantino menampik kabar adanya Kill Bill v3 di masa depan. Mungkin karena Uma Thurmannya udah tua? Overall, this movie will blow your ass out. Two thumbs up.




2. Upstream Color (2013)
Director: Shane Carruth
Starring: Shane Carruth, Amy Seimetz

Pertama gua nonton film ini, 100% karena penasaran. Film buatan Shane Carruth sebelumnya yaitu Primer, udah bikin gua pendarahan otak saking rumitnya. Nah, makanya gua penasaran apakah otak gua akan dibuat radang sama dia lagi atau engga. Hasilnya, gua engga sepenuhnya radang, cuma luka dikit. Bisa dibilang Upstream Color merupakan karya dia yang sangat puitis. Gua salut sama teknik dia bikin filmnya, terlebih ini film indie. Ide utamanya juga keren dan bikin penasaran: siklus suatu organisme yang hidup lewat babi, manusia, dan bunga anggrek. Shit. Keren banget. Walaupun nonton film ini gua cicil (saking lama dan bosennya bro) tapi gua merasa berdosa kalo ngga masukin karyanya ke sini. Apalagi naro di urutan ke dua. Kenapa? Karena gua salut aja. Asik.


1. The Usual Suspects (1985)
Director: Bryan Singer
Starring: Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Stephen Baldwin

Sebelum gua mulai review film ini, gua cuma mau bilang gua merasa tertipu sama film lu, Singer! Sial! Gua kira ini film biasa aja. Film action taun 80an yang paling keren cuma kejar-kejaran mobil sama tonjok-tonjokan di klub striptis. TERNYATA BUKAN. Ini adalah film yang paling bisa bikin gua ngerasa tertipu taun ini. Sampe gua ulang dua kali dah. Mungkin awalnya keliatan biasa aja, dan bahkan bikin lu ngantuk. Tapi setelah sampe 1/4 film lewat, film ini bikin mata gua ngga terlepas dari layar. Biasanya gua rate film dari berapa kali gua ngeliat hape atau nguap. Tapi film ini perfect banget boooos, bakal ada elemen kejutan yang menunggu di akhir film. Pokoknya "The greatest trick the Devil ever pulled was convincing the world he didn't exist." Titik.



Pokoknya begitu. Sayang, taun ini susah banget gua sempetin ke bioskop. Padahal banyak target film gua, kayak Kick Ass 2, Catching Fire, ataupun Great Gatsby yang emang gua yakin bakal masuk di taste gua. Semoga taun depan filmnya makin banyak dan makin seru, Amin.

2013





Comments

Popular posts from this blog

Bunga-bunga rumput yang mekar pada tanah tandus

Hakikat Pendidikan yang Sebenarnya: Sebuah Opini

Surat-Surat yang Kularung